RAKERNAS 2008

Liputan

RAPAT KERJA NASIONAL SAI STUDY GROUP INDONESIA (lanjutan)

(RAKERNAS II SSGI)

Sai Center Pasar Baru Jakarta Pusat, Minggu, 27 April 2008





Sebagai lanjutan dari RAKERNAS pertama 22 – 23 Maret yang lalu, kepengurusan SSGI periode 2008 – 2010 kembali mengadakan rapat bersama yang membahas tentang program kerja selama peride tersebut. Acara bertempat di ruang rapat lantai II Center Pasar Baru Jakarta dimulai pukul 09.20 Wib hingga pukul 13.10 Wib. Agenda pertama adalah penyampaian oleh sekertaris SSGI Bro Suwitra, Bro. Udayo dan Bro. Alit mengenai tugas dari setiap pengurus dirangkai dengan program kerja dari setiap wing baik itu program secara umum maupun program kerja per Kornas. Berkenaan dengan program kerja ini dibahas juga program kerja yang sifatnya nasional seperti Nasional Shadana Camp, Nasional Youth Camp maupun partisipasi Indonesia dalam event-event di Puttaparthi. Berbagai masukan dan pertanyaan juga mewarnai pembahasan program kerja ini dan akhirnya program kerja kepengurusan SSGI periode 2008 – 2010 sudah terbentuk, tinggal nanti pelaksanaanya saja. Pukul 13.05 acara di simpulkan dan ditutup oleh ketua SSGI Bpk. Nurcahya. Selanjutnya pengurus kembali kedaerahnya masing masing tentunya dengan membawa “PR” merealisasikan program - program yang sudah di buat.






Foto Kegiatan RAKERNAS II SSGI










LIPUTAN RAKERNAS SSGI PERIODE 2008 – 2010

Jakarta, 22 – 23 Maret 2008

Munas SSGI 2008 telah usai dan kepengurusan baru juga telah dibentuk namun untuk menyusun langkah apa yang dilakukan kedepan maka dilaksanakanlah Rapat Kerja Nasional Sai Study Group Indonesia (RAKERNAS SSGI) masa kepengurusan 2008 – 2010 yang mana telah berlangsung dua hari mengambil tempat di Sai Center Pasar Baru Jakarta dari tanggal 22 – 23 Maret 2008. Didahului dengan kedatangan para pengurus yang meliputi para penasehat SSGI, pengurus inti, Kornas, Korwil dan pengurus Yayasan Sai Baba Indonesia.





Hari I

22 Maret 2008

Hari pertama Rakernas dimulai pukul 10.30 wib. Diawali dengan doa kemudian dilanjutkan dengan penjelasan agenda dari sekertaris SSGI yaitu Bro. Suwitra selanjutnya arahan umum oleh Ketua SSGI baru terpilih yaitu bapak Ketut Nurcahya dalam arahan ini beberapa penasehat SSGI memberikan berbagai sumbagsih pemikirannya untuk para pekerja aktif SSGI dalam melaksanakan tugas – tugasnya nanti. Setelah arahan ini acara dilanjutkan dengan overview rumusan hasil Munas 2008 yang sudah berlangsung tepat sebulan saat Raker ini berlangsung (tanggal 22 – 24 Pebruari 2008). Pukul 14.00 setelah istirahat makan siang acara dilanjutkan dengan mengunjungi sebuah yayasan di daerah Sunter Podomoro yang dipandu oleh Bro. Danesh R. Vatwani (Sekertaris Zone 4. Region 4.1 & Ketua I SSGI) dimana yayasan ini peduli dengan penderita tuna daksa karena di tempat ini dibuat kaki palsu yang mana kedepannya SSGI akan bekerjasama dengan yayasan ini untuk menyediakan kaki palsu secara cuma-cuma bagi mereka yang membutuhkan diseluruh Indonesia, untuk itulah kerjasama dari setiap Korwil dan SSG sangat diperlukan. Setelah lebih kurang 30 menit di yayasan ini pengurus kembali ke Sai Center untuk melanjutkan rapat dimana agenda Rakernas selanjutnya adalah menyusun dan menyampaikan system organisasi baik itu mekanisme yang berlanjut kepada program kerja dari setiap kornas termasuk program terpadu dan agenda – agenda yang melibatkan unit unit yang telah dibentuk oleh SSGI. Acara ini berlangsung hingga pukul 19.00 danditutup dengan makan malam selanjutnya para pengurus menuju ke tempat peristirahatan.

Hari II

23 Maret 2008

Suprabatam dan rangkaiannya mengawali pelaksanaan Rakernas di hari kedua ini yaitu pada pukul 06.15 hingga pukul 07.25. Selanjutnya ada wacana yang disamapaikan oleh ketua III SSGI yaitu bapak Dr Anuraga Duarsa untuk para Bhakta SSG Jakarta yang isinya mengenai Sai Identity (Menyelaraskan Langkah Mempertegas Identitas) dimana tema ini merupakan sosialisasi hasil Munas sebulan yang lalu. Selama lebih kurang sejam wacana, acara dilanjutkan dengan satsang namun sebelum satsang para bhakta dipersilakan oleh panitia menikamati sarapan yang sudah disediakan. Satsang berlangsung hingga pukul 10.30 yang membahas mengenai Sai Identity, kenapa dibahas? karena rencananya Sai Identity akan dijadikan buku sebagai panduan untuk kita semua kemana arah organisasi kita kedepan paling tidak untuk periode 2008 – 2010. Seusai satsang acara dilanjutkan dengan Rakernas kembali di lantai II Sai Center Jakarta. Agenda rapat kali ini adalah membahas mengenai beberapa event/agenda SSGI di tahun 2008 yang disampaikan oleh wakil sekertaris I yaitu Bro Udayo ada banyak event yang berlansung di tahun 2008 selain beberapa perayaan yang ditetapkan di kalender seperti Budha Purnima, Guru Purnima dan lain lain. Ada juga berbagai kunjungan oleh tokoh-tokoh penting di Organisasi Sai Dunia seperti kunjugan Dr Art Ong Jum Sai pada bulan april ini, juga ada kunjugan Dr Pavan dan lain-lain disamping itu juga ada beberapa kegiatan Nasional seperti Nasional Education Confrence, Shadana Camp, Youth Camp dana lain lain. Selanjutnya ada luncing web dari Bro. Giri yang nantinya web ini adalah salah satu media untuk menyampaikan berbagi informasi berkenaan dengan SSGI atau ajaran dari Swami. Dan sebagai penutup Rakernas, Bapak Nurcahya dan Bro. Danesh memberikan semacam masukan untuk semua pengurus agar senantiasa bekerja keras untuk organisasi dengan mengedepankan Unity, Purity dan Divinity sehingga semua program yang akan dilaksanakan bisa berhasil dengan baik.


Demikian Rakernas SSGI telah berlangsung dengan harapan agar semua yang direncanakan (program kerja) dapat terealisasi tentunya dengan rahmat, bimbingan dan cinta kasih dari Bhagawan selaku sad guru dan yang tidak kalah pentingnya adalah kerjasama dari SSG/SDG serta kita semua sebagai abdi Sai.

Jay Sairam

Foto selanjutnya klik: Foto Rakenas

Baca Juga:
Munas SSGI